20 Artis Dan Lagu Dangdut Terbaru Yang Masih Asing

Jelas, mendengar nama dan koleksi lagu Dangdut Rita Sugiarto tentu sudah tak asing bagi Dangduter, tapi kalau 20 artis pendatang terbaru ini beserta singlenya, saya yakin sobat dangduter ada yang tidak mengenal dan masih asing di telinga.

Betapa tidak, untuk mengetahui lagu Dangdut terbaru yang saat ini muncul saja masih bingung, apalagi dengan artis tersebut. Kalau dulu, era 90an, untuk mendeteksi kemunculan lagu baru itu sangat gampang, tinggal nyalakan TVRI, pilih acara Album Minggu Ini/Kita atau bisa juga dengan cara standby di stasiun radion Dangdut, dan pilih program yang berkaitan dengan lagu baru misalnya "top forty" dan sejenisnya, maka kita dengan mudah akan mengetahui lagu tersebut.

Selain itu ada juga perbedaan lain. Kalau sekarang, lagu dangdut terbaru itu mayoritas hanya diluncurkan dalam bentuk single saja tanpa adanya album, sedangkan dulu, lagu terbaru yang diluncurkan itu merupakan lagu andalan dari sebuah album, meskipun tidak semua, namun mayoritas akan seperti itu.

Contoh, single yang saat ini sedang booming, Sakitnya Tuh Di Sini koleksi Cita Citata. Karena formatnya single ya tak ada lagu lainnya. Andaipun ada, ya harus diluncurkan lagi untuk jarak waktu tertentu. Sedangkan lagu Selamat Malam koleksi Evie Tamala, diluncurkan dalam satu album di mana dalam album tersebut terdiri dari beberapa lagu dan diluncurkan dalam satu waktu.

Dan masih banyak perbedaan antara zaman dulu dan sekarang agar dangduter bisa mengetahui bahwa lagu itu baru atau bukan, termasuk juga untuk mengetahui artis Dangdut pendatang baru atau bukan. Intinya, saat ini harus lebih aktif mencari tahu, tembang terbaru apa yang diluncurkan dan artis pendatang baru siapa yang menyanyikannya. Salah satu caranya adalah via online. Meski terkadang ada yang tidak tepat juga. Misalnya sebuah lagu dengan judul A, dinyanyikan oleh penyanyi A diupload oleh sebuah blog atau website A pada 24 November 2014. Akan tetapi, ternyata tembang tersebut sudah dilaunching pada bulan Juni 2014, atau terkadang ada yang dilaunching jauh lebih lama lagi.

Ketika kita mendengarkannya, lagu tersebut memang benar-benar baru didengarkan dan masih asing dalam pendengaran kita begitupun artis yang menyanyikannya, namun, karena kurang hits, seolah-olah kalau tembang tersebut adalah baru. Padahal sudah diluncurkan bulan-bulan sebelumnya. Tapi, kalau lagu itu sukses dan booming, baru kita mengetahui kalau itu adalah lagu Dangdut terbaru dan masih asing, termasuk si penyanyi seperti Sakitnya Tuh Di Sini - Cita Citata. Sebelum hits, siapa Dangduter yang kenal dengan Cita Citata?. Tapi begitu booming, Nama Cita Citatapun seakan mengalahkan nama-nama penyanyi (senior) yang sudah kesohor sebelumnya.

Nah, berikut ini, ada 20 lagu Dangdut yang menurut saya masih asing, begitu juga dengan vokalisnya, entah itu benar-benar terbaru atau sudah pernah diluncurkan pada bulan sebelumnya, saya sendiri kurang tahu. Yang jelas, bagi saya masih terlalu asing.
  1. Alinda - Suami Nakal
  2. Anthy Hermawan - Aku Poezink
  3. Ardhee Barriq - Pacar Bohongan
  4. D3wi Amour - Mendem Roso
  5. D'women - Goyang
  6. Endah Amora - Lagi2 Sendiri
  7. Florina - Memendam Rasa
  8. Karina Ranau Ft Nurbayan - Gelombang Asmara
  9. Kiki Asiska - Yang Penting Asyik
  10. Nasha Aqila - Hacker Cinta
  11. Neng Oshin - Cucok Deh Kamu
  12. Renny Seblak - Gurih Gurih Enjoy
  13. Wella Lumee - Goyang Kenari
  14. Laila Malimping - Lupa Pulang
  15. Lia Camelia - Pokoknya Mantap
  16. Ocha Jameela - Goyang Borokokok
  17. Ratu Meta - Kucing Galau
  18. Selingkuh Enjoy - Puput Dynamit
  19. Yuni Rahayu - Pengen Dinikahin
  20. Duh Bete - Dian Conceicao
Dari 20 daftar artis dan lagu Dangdut terbaru di atas, tak satupun yang saya kenal namanya dan pernah dengar lagunya sebelum saya browsing dan download di internet. Atau jangan-jangan hanya saya saja yang mengalami hal demikian?, bagaimana dengan sobat, ada sudah yang kenal nama-nama artis dan juga lagu dari daftar tersebut di atas?.

Share this: